Free Heart Spin 4 Ever Cursors at www.totallyfreecursors.com

Tuesday, October 30, 2012

MELEPAS RAHASIA MERAIH HARGA DIRI

Jika anda punya "rahasia" yang disembunyikan, anda tidak sendiri. Banyak orang yang mempunyai rahasia yang terus menghantui. Ada yang pernah menikah tapi tidak menceritakan kepada pasangannya yang sekarang.Ada juga yang menjadi korban kekerasan oleh suami atau istri. Mungkin ada juga orang yang ingin merahasiakan orientasi seksualnya. Yang lainnya lagi mungkin punya riwayat penyakit jiwa dalam keluarga atau pernah mencoba bunuh diri. Semua rahasia ini menjadi beban bagi yang bersangkutan. Untuk mengatasi rasa tak berdaya yang tidak diinginkan dan rendahnya harga diri, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang disebut Womanpower Boosting Cycle yang terdiri dari 4 langkah A:
·         Awareness                 - kesadaran
·         Alternatives                - alternative
·         Acceptance                - penerimaan
·         Action                        - tindakan
Yang dirumuskan oleh P. Kahn dan Sheila Kimmel dalam buku Empower Yourself.
Read More
Kesadaran : rahasia vs harga diri
Bagian dari proses melepaskan rahasia meliputi menelusuri rahasia itu dan mencoba memahaminya. Langkah pertama adalah menyadari dulu tentang pengaruh rahasia itu terhadap diri anda. Begitu anda pahami, anda mungkin harus memutar ulang kejadian yang menyebabkan rasa sakit itu. Anda harus menyelesaikan rasa sakit itu, menghadapinya, dan memikirkannya dalam kerangka masa kini. Sesudah itu anda akan bisa melepaskan stigma, rasa sakit, dan bagian dari rahasia yang anda sembunyikan, yang melumpuhkan harga diri anda.
Penerimaan :  memendam rahasia menghabiskan energi
Anda kini siap menerima fakta, cemas dengan terbokngkarnya rahasia yang anda simpan itu menhabiskan energi. Kita merasa terancam, dan terlalu takut untuk memperlihatkan diri kita yang sebenarnya. Sebagian dari kita merasa memendam rahasia itu menimbulkan masalah,tapi kita tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebagian lagi merasa ada yang tak beres dengan diri kita dan pemikiran ini membuat kita merasa tak berdaya sama seperti ukuran hidung dan telinga yang berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan bentuk dan ukuran rahasia, berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Yang sama adalah akibat yang ditimbulkannya, yaitu tidak tegas atau bimbang, resah atau cemas, dan turunnya harga diri.
Alternatif : memutuskan kapan akan menceritakannya
Untuk sebagian rahasia, anda bisa  mempertanyakan kepada diri sendiri, apakah akan diceritakan atau tidak. Pilah-pilah rahasia anda dan tentukan pilihan-pilihan anda.Langkah A4 dapat membantu anda memahami akibat dari rahasia yang dipendam terhadap kehidupan anda dan bagaimana membuat pilihan apakah akan diceritakan atau tidak.Sebagian rahasia memang harus disimpan. Menceritakan rahasia pada waktu yang salah pasa orang yang salah akan menimbulkan penderitaan yang lebihl besar ketimbang memendamnya.
Banyak orang memendam rahasia karena takut dengan kemungkinan akibat yang akan timbul jika mereka menceritakannya. Sebagian rasa takut itu memang beralasan, contohnya Ralph, manager  sebuah restoran franchise yang baru saja terdiagnosa HIV positif dan ragu, apakah harus menceritakan kepada manager distriknya yang baru atau tidak. Tapi, karena banyak orang yang takut orang dengan HIVmenangani makanan, Ralph dengan kesadaran penuh menentukan pilihan untuk tidak menceritakan hal ini kepada rekan bisnisnya dengan catatan sejauh dia merasa sehat dan bisa menangani pekerjaannya dengan baik. Sebaiknya, menceritakan rahasia pada waktu yang tepat pada orang yang tepat, bisa merupakan kekuatan positif dan bermanfaat untuk anda. Sheila misalnya, akhirnya menceritakan rahasia kebutaannya sesudah bertahun-tahun menutupinya. Ketika remaja, Sheila berjuang keras  untuk menyembunyikan kecacatannya. Suatu kali, ia pacaran dengan seorang pemuda dan nonton film asing dengan teks terjemahan. Sheila tentu saja tak bisa membaca teks itu, tapi tak pernah mengatakannya. “Dia mungkin tak mau pacaran lagi dengan saya jika tahu saya buta,”pikirnya.
Sheila menjalani proses A4 dan mengganti  ‘jangan cerita’ dengan ‘Cerita jika perlu’. Kini, sesudah mengatasi stigma dari rahasianya, sia secara bebas mengaku jika dia tidak ,melihat sesuatu.
Aksi : malu vs harga diri
Orang terkadang malu dengan rahasia mereka. Sebagai contoh, sebagian orang dengan ketidakmampuan belajar menyembunyikannya karena merasa malu. Sebagai orang dewasa, mereka tak pernah mengaku sekolah di sekolah khusus. Vanna misalnya, penderita dyslexic  yang sulit membaca, menghindari perguruan tinggi karena sangat sulit membaca. Ia juga menghindari pekerjaan yang berkaitan dengan kertas kerja dan memilih menjadi buruh pabrik. Tapi Vanna benci dengan situasinya. Dia tahu, sebenarnya dia lebih cerdas dibanding orang-orang yang bekerja dengannya dan ingin mendapatkan pekerjaan baru. Vanna akhirnya sadar, dirinya sendirilah memutuskan untuk mendapatkan kurang dari yang pantas diterimanya karena malu dengan rahasianya. Kini, ia berusaha membebaskan diri sambil menjalani langkah A4. Dia sadar, apa yang membuat situasinya jadi seperti ini dan menerima tanggungjawab atas situasi itu. Alternatifnya adalah, tetap terjebak dalam kondisi lama atau mencari pekerjaan baru. Vanna memilih yalng kedua. Dan langkakh ke 4nya?: aksi, adalah datang untuk wawacara kerja.
Waktu untuk bertindak
Memendam rahasia bisa menghambat langkah anda untuk maju dalam berbagai bidang. Mulai dari meningkatkan hubungan personal, situasi-situasi kerja, kesejahteraan, dan aspek-aspek lainnya dari hidup anda. Anda sudah baca contoh dari beberapa orang. Mungkin agak mirip atau sangat mirip dengan anda yang menyimpan rahasia. Sebagian memutuskan untuk menceritakan dan yang lainnya memutuskan untuk tetap memendamnya. Tapi semuanya secara sadar memutuskan untuk tidak membiarkan rahasia mereka menghantui mereka dan menguras kekuatan mereka. Mungkin sekarang juga anda merasa tidak terlalu terbebani lagi dan siap meningkatkan harga diri anda.
               
               

                

No comments:

Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-widget-sharing-melayang.html#ixzz28GFX06tY